Kiat Merawat Mobil Panther Bekas

Diposkan oleh Heni Minata on Rabu, 21 November 2012


perawatan mobil panther bekas
Mobil Panther merupakan salah satu mobil diesel yang gigih alias than lama namun tidak berarti kita bisa lega dan teledor dalam memperlakukan spare part mobil Panther terutama mobil Panther yang sudah second. Bila tidak dirawat baik, Panther akan menjadi sangat rewel dan membuat pemiliknya kewalahan. Spare parth mobil Panther termasuk baut dan filter. Ketika baru membeli mobil Panther bekas – kita harus melakukan pengecekan dan menyeretnya ke BENGKEL bila merasa ada bagian yang perlu diperbaiki dan kita tidak mengherti. Berikut beberapa kiat perawatan beberapa bagian spare part mobil Panther serta hal lain yang diperlukan untuk menjaga keawetan mobil Panther :
  • Filter yang dimiliki Panther bisa dibilang lebih banyak daripada jenis mobil lainnya. Filter yang dimiliki Panther ada 3 yaitu Filter oli, solar dan udara. Ke-3 ini harus diganti. Kalau bisa gunakan yang ori agar terjamin. Langkah ini bisa diskip bila ternyata 3 filter tersebut sudah diganti sebelum dijual kembali. Bila sudah kotor atau rusak – langsung ganti filter lama dengan yang baru. Disarankan oleh oleh salah satu website Otomiotifnet, untuk menganti filter setiap 2 kali pergantian oli.
  • Rajin  ganti oli. Gantilah oli mesin mobil Panther dengan yang baru. Tidak ada salahnya juga menganti oli pada bagian lainnya seperti oli perseneling, garden dan power stering. Situs Otomotifnet, menyarankan pergantian oil dilakukan setiap 5.000km.
  • Ganti rem dan kopling jika kondisinya sudah tidak bagus. Soalnya rem yang tidak terawat baik bisa menyebabkan kecelakaan – lebih baik mencegah daripada apes terjadi.
  • Untuk menghindari mobil mogok, ada baiknya mengecek fan belt atau V belt. Ganti fan belt dengan yang baru bisa sudah kendur, tipis, kaku, pecah-pecah atau mengeluarkan suara berderit yang keras.
  • Isi solar ketika solar pada mobil tinggal sentengah. Jangan biarkan solar dalam mobil kurang dari setengah agar bisa mencegah masuknya angi pada penampung solar.
  • Periksa baut-baut yang biasanya terdapat pada roda, engsel pintu dan bagian lainnya. Dikarenakan mobil Panther memiliki getaran yang kuat hingga kadang-kadang baut bisa kendor. Lakukan pemeriksaan ini minimal 2 bulan sekali.
  • Lebih baik memanaskan mobil selama 5 menit sebelum digunakan. Tujuannya tentu saja agar oli mesinnya tersebar rata dan mencegah keausan. Walaupun mobil tidak terpakai lagi, kita tetap harus memanaskan mesin minimal 2 hari sekali agar mesin mobil tidak berkarat (lupa fungsi). Ketika melakukan pemanasan – jangan lupa untuk menyalakan AC.
  • Selalu cek air radiator dan reservoir mobil Panther. Jangan biarkan mesin kepanasan karena air radioatornya dan reservoirnya habis. Bila air radioator cepat berkurang (baru beberapa jam isi-udah habis lagi) – kemungkinan terjadi kebocoran. Kebocoran ini harus diperiksakan ke bengkel buat amannya.
Perlu diingat, bila kita tidak tahu cara menganti bagian-bagian mobil diatas – mintalah bantuan ahli di bengkel. Semoga informasi dan tips dari artikel Kiat Merawat MobilPanther Bekas ini dapat membantu Anda. (Maaf jadinya tidak hanya membahas spare part mobil Panther saja).

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Poskan Komentar