Void Pada Tiket Pesawat

Diposting oleh Heni Minata on Senin, 07 Januari 2013

Void merupakan salah satu istilah yang biasa sering ditemukan ketika ada kesalahan dalam data reservasi tiket pesawat. Void dalam bahasa Indonesianya berarti batal atau kadaluwarsa jadi bisa dibilang Void diberikan apalabila sebuah tiket ketika ketidak cocokan data reservasi tiket pesawat dengan KTP atau data yang sudah dicetak di tiket.

void pada tiket pesawat
Contoh kasusnya nama penumpang yang melakukan reservasi adalah ‘Eni Mina’ (udah sesuai dengan KTP) namun ternyata nama yang tercetak pada tiket adalah ‘Eny Mina’. Kesalahan penulisan nama ini akan membuat tiket tersebut dinyatakan sebagai tiket void. Anda bisanya dapat langsung minta bagian ticketing untuk meng void tiket Anda agar Anda bisa mendapatkan tiket baru dengan data resevasi tiket pesawat yang benar. Selain nama, Anda harus mengecek tanggal, penerbangan atau data lainnya agar tidak salah pas cek in.

Untuk menge-voidkan sebuah tiket, biasanya ada biaya administrasi yang harus dibayar. Besarnya itu tergantung dengan peraturan masing-masing airlines. Biasanya rata –rata harganya adalah Rp 50.000 per tiket. Bila Anda menggunakan ticketing dari agen travel, biaya voidnya bisa mencapai Rp 75.000 karena beberapa agen travel mengenakan biaya administrasi tambahan.

Biaya administrasi void ini bisa harus dibayar oleh penumpang atau bagian ticketing sesuai siapa yang melakukan kesalah. Contoh jika bagian ticketinglah yang melakukan kesalahan ketika menuliskan tiket walaupun data yang diberikan penumpang sudah sesuai dengan KTP dan tersimpan dalam data resevasi maka bagian ticketing yang harus membayar biaya adminnya. Namun jika yang melakukan kesalahan adalah penumpang entak karena nitip orang atau dirinya sendiri yang pesan, penumpanglah yang harus membayar biaya void.

Kesalahan pada data tiket cetak dan data resevasi tiket pesawat emang udah sangat jarang terjadi (Terima kaish pada kemajuan teknologi manusia >.<) namun ada baiknya Anda melakukan pengecekan pada saat menerima tiket Anda dari printer Anda atau bagian ticketing. Bila ada kesalahan, Anda bisa langsung meminta Void. Sampai disini dulu artikel Void pada tiket pesawat. -hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar