Teknologi untuk Memajukan Kota

Diposting oleh xexe on Jumat, 04 Desember 2015

social media satpol PP Surabaya
Teknologi terus berkembang seiring perkembangan zaman. Bidang pendidikan, budaya, hingga informasi, dan lainnya ikut berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Semua kemajuan ini dapat dirasakan di hampir seluruh wilayah Indonesia, dan salah satu kota yang paling merasakan hal ini adalah Surabaya. Internet Surabaya merupakan salah satu motor yang terus menggerakan perkembangan teknologi di kota tsb, memasukan informasi baru, menyebar budaya lama, hingga memperdekat jarak komunikasi. Internet telah membuka banyak jalan untuk semua lapisan masyarakat agar bisa menggunakan kemajuan teknologi dengan lebih baik dan lebih optimal. Bisa dibilang internet merupakan teknologi untuk memajukan kota. Banyak contoh dimana Internet digunakan untuk mempermudah segala aspek kehidupan, seperti yang dilakukan pemerintah kota Surabaya berikut ini:

Pembuatan akun media sosial untuk Satpol Pamong Praja (Satpol PP).

Pada tengah tahun 2015, pemkot Surabaya membuat tim media sosial khusus untuk Satpol PP, tim ini lah yang membuat akun media sosial dimana masyarakat bisa bertanya-tanya ataupun membuat laporan. Saran dan kritik dapat masuk dengan lebih bebas dan cepat dengan adanya akun ini.

Pengelolaan anggaran online.

Praktek ini telah diterapkan sejak tahun 2003 dan masih terus berkembang hingga sekarang. Dengan pelaksanaan anggaran yang dilakukan secara online ini, transparansi pemerintah tidak lagi dipertanyakan. Lelang yang diselenggarakan juga dilakukan secara online dan tidak lagi menerima uang cash.

Kejaksaan Negeri memberikan fitur “info perkara” pada situs resminya.

Bagi masyarakat yang inging mengetahui proses perkara mereka ataupun pihak lain, semuanya dapat dilihat di fitur ini. Hal ini diadakan guna menanggapi permintaan masyarakat yang kesusahan mencari info mengenai perkara mereka. Hal ini dipuji banyak pihak, termasuk Kejaksaan Negeri Jawa Timur yang juga akan menerapkan hal ini pada situs resmi mereka.

PDAM Surabaya meluncurkan aplikasi smartphone.

Developer aplikasi milik PDAM Surabaya meluncurkan aplikasi khusus yang bernama “Info PDAM Surabaya” pada tahun 2013. Aplikasi ini berguna untuk masyarakat yang ingin mengetahui info-info PDAM, seperti info tarif, pemasangan, dan lain sebagainya. Masyarakat juga bisa mengecek rekening bulanan mereka pada aplikasi ini.

Contoh-contoh di atas hanya merupakan contoh kecil pemanfaatan internet. Dengan pemanfaatan yang tepat, maka internet akan sangat berperan penting untuk memajukan sebuah kota hingga memajukan negara. (RR)

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar