Tiga Tanda Mentega Sudah Tidak Bisa Digunakan

Diposting oleh xexe on Jumat, 03 November 2017

mentega
image source: telegraph 
Mentega sudah menjadi bahan memasak yang wajib ada di rumah. Bagaimana tidak, mentega tidak hanya bisa dipakai untuk olesan roti saja, tetapi juga bisa digunakan untuk membuat kue, melengkapi rasa masakan, dan bahkan bisa digunakan sebagai pengganti minyak untuk menggoreng. Mentega memang dianggap lebih sehat dibanding dengan minyak goreng, jadi tidak heran deh untuk kalian yang menggemari kesehatan dan rajin meminum suplemen untuk kesehatan tubuh, mentega sering dijadikan pilihan dibanding minyak.

Nah, untuk kalian yang senang menyimpan mentega di rumah, baiknya cek dulu artikel ini. Sebab mentega kabarnya hanya bisa digunakan satu minggu setelah dibuka. Itu pun kalau disimpan dengan benar. Indonesian Association of Culinary Professionals bahkan mengatakan bahwa mentega yang sudah lebih dari dua bulan sebaiknya dibuang. Ini tanda-tanda yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah mentega masih bisa digunakan atau tidak.

  • Periksa warnanya. Sebelum mulai menggunakannya, cek dulu warna permukaan menteganya. Biasanya, warna mentega yang normal dan masih bisa digunakan adalah kuning cerah. Jika sudah berwarna kuning kelabu, agak pucat, atau bahkan berubah menjadi berwarna putih, kemungkinan besar mentega ini sudah tidak bisa digunakan.
  • Bebas bintik hitam. Bintik hitam merupakan satu pertanda bahwa mentega sudah memburuk kualitasnya. Akan tetapi, bintik hitam ini juga bisa muncul karena keteledoran kita saat menggunakan sendok bekas untuk mengambil mentega. Biasakan untuk menggunakan sendok bersih yang belum digunakan karena makanan atau bahan lain yang menempel di sendok bekas bisa berdampak pada keawetan mentega.
  • Cek baunya. Mentega yang normal dan masih bisa digunakan memiliki aroma yang harum dan juga berbau wangi. Nah, kalau menteganya sudah berbau tidak enak atau bahkan berbau busuk sebaiknya langsung dibuang saja, ya.

Itu dia tiga pertanda bahwa mentega sudah tidak bisa digunakan lagi. Mudah sekali kan mengidentifikasikannya? Kalau menemukan satu atau semua tanda di atas, sebaiknya hindari dan langsung buang saja ya mentegany. Selamat mencoba dan semoga membantu!

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar