Ternyata, Hal Ini Bisa Merusak Daya Tahan Tubuh

Diposting oleh xexe on Jumat, 09 Maret 2018

Meskipun sudah rutin mengonsumsi kapsul suplemen herbal yang bisa mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh, akan tetapi sayangnya terkadang tanpa kita sadari sistem kekebalan tubuh pun masih bisa mengalami penurunan. Entah itu, disebabkan karena tidak menjaga pola makan, jarang melakukan olaharaga, ataupun akibat dari kurang waktu istirahat sehingga mengakibatkan daya tahan tubuh semakin melemah.

Tidak hanya itu, beberapa hal yang selalu Anda lakukan juga dapat menurunkan kekebalan tubuh tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Merokok. Anda pastinya sudah tahu jika merokok tidak bagus untuk kesehatan? Hal ini bukan tanpa alasan, sebab di dalam rokok sendiri tersimpan kandungan nikotin yang bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Jika kadar pada hormon ini mengalami peningkatan, maka dapat menekan respon dari sel T yang memiliki fungsi untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, pembentukan antibodi tubuh pun turut terganggu, sehingga berakibat fatal pada penurunan sistem kekebalan.
  • Tidur larut malam. Banyaknya aktivitas yang harus dijalani setiap harinya terkadang dapat membuat waktu tidur menjadi terganggu dan kadangkala bisa menyebabkan Anda tidur hingga larut malam. Padahal, kurang tidur bisa mengakibatkan daya tahan tubuh mengalami penurunan sehingga dapat mengakibatkan tubuh lebih mudah diserang demam, batuk, pilek, dan penyakit lainnya. Bahkan, yang paling parahnya, kekurangan tidur ini bisa meningkatkan stress akibat dari penurunan daya tahan tubuh.
  • Jarang berolahraga. Olahraga itu wajib! Namun, karena banyaknya pekerjaan yang harus dikerjakan setiap harinya membuat Anda pun akhirnya jarang untuk melakukan olahraga. Padahal, dengan berolahragara ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tidur lebih nyenyak di malam hari. Yang paling menguntungkan, apabila Anda rutin berolahraga maka bisa terhindar dari flu, demam, batuk, dan lainnya.
  •  Alami stress berlebih. Stress yang berkepanjangan ternyata bisa memengaruhi daya tahan tubuh, akibat dari ketika Anda stress akan menaikkan produksi hormon kortisol dimana hormon ini dapat menekan fungsi dari jaringan sel T penangkal radikal bebas di dalam tubuh. Untuk itu, kurangilah stress dan perbanyak istirahat.
Itulah hal yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh Anda. Semoga bermanfaat! –SH–

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar